Perkembangan Sistem Informasi

Sistem informasi terdiri dari dua suku kata yakni, sistem dan informasi. Pengertian dari sistem itu sendiri adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama atau mencapai suatu tujuan. Sistem pun memiliki karakteristik diantaranya memiliki komponen, yang berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Kemudian mempunyai batas sistem yang membatasi ruang lingkup antara satu sistem dengan sistem lainnya maupun dengan lingkungan yang berada di luar sistem. Lalu, apa yang dimaksud dengan informasi ? bisa dikatakan informasi itu adalah data yang telah diproses menjadi suatu bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, atau suatu nilai yang bermanfaat. Sedangkan definisi dari sistem informasi itu sendiri adalah suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya atau dengan kata lain, suatu sistem manusia-mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi atau manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak computer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.

Sistem informasi sering sekali terdengar saat ini seiring dengan maraknya komputer. Banyak orang yang sering mengaitkan atau menghubung-hubungkan sistem informasi dengan teknik informatika, padahal secara pengertian sangatlah berbeda. Jenis-jenis sistem informasi dikembangkan untuk tujuan berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan bisnis. Akhir-akhir ini memang banyak jurusan komputer yang bermunculan. Fenomena ini menandakan bahwa pengetahuan tentang teknologi dan semacamnya sangat diminati oleh masyarakat banyak. Terkadang cukup banyaknya jurusan dalam bidang komputer membuat kita bingung mendefinisikannya atau masih banyak sebagian masyarakat yang tidak mengetahui letak perbedaan masing-masing jurusan tersebut. Diantaranya adalah teknik komputer, teknik informatika, dan sistem informasi. Namun bidang-bidang tersebut termasuk dalam bidang yang disebut teknologi informasi.

Menurut saya, teknologi informasi itu sendiri terbagi menjadi tiga apek penting yaitu hardware, software dan basis data. Teknik informatika dan teknik komputer memang mempelajari semua aspek tersebut untuk menghasilkan programmer-programmer handal dan ahli troubleshoot. Lalu, sebenarnya apa yang dipelajari oleh orang-orang di jurusan sistem informasi ? ya memang jurusan ini tergolong baru. Namun, memiliki perbedaan yang nyata dengan dua jurusan terdahulunya. Karena sistem informasi menjadikan manajemen berbasis komputer sebagai studi utamanya. Meskipun sama-sama bergerak di bidang komputer, jurusan-jurusan tersebut memiliki spesifikasi dan bobot yang berbeda. Kemudian, bobot inilah yang menjadi penentu jalur karir dan bidang kerja dari lulusan jurusan tersebut. Yang saya lihat keunggulan sistem informasi daripada yang lain adalah lebih menekankan kepada bagaimana kita memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan atau pada diri kita sendiri yang sebesar-besarnya. Dalam kemajuan jaman sekarang ini, perkembangan teknologi sudah tidak dapat dielakkan lagi dan tentu saja hal tersebut telah banyak diaplikasikan dan dikembangkan dalam berbagai hal seperti dunia bisnis. Dalam sistem informasi pun kita tidak hanya diajarkan tentang dunia teknologi informasi saja, tetapi juga bagaimana memanfaatkan teknologi informasi tersebut ke dalam dunia bisnis. Sedangkan jurusan sistem informasi menurut pandangan saya adalah jurusan yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang dapat menganalisa kebutuhan dan proses bisnis serta dapat mendesain sistem berdasarkan kebutuhan organisasi. Oleh sebab itu, sangat jelas perbedaan sistem informasi dengan jurusan komputer lain.
Lalu sekarang bagaimana dengan perkembangan sistem informasi dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari ? yang saya lihat ada beberapa bidang yang menerapkan sistem informasi dalam penggunaannya. Salah satu contohnya adalah sistem informasi berbasis multimedia yang merupakan pengembangan dari sistem informasi. Hubungan penerapan system informasi lainnya dalam aktivitas manusia antara lain system reservasi pesawat terbang digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket. Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor, sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan. Sistem POS (point-of-sale) yang diterapkan pada pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data. Sistem telemetri atau pemantauan jarak jauh yang menggunakan teknologi radio,misal untuk mendapatkan suhu lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api. Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien. Sistem yang dipasang pada tempat-tempat public yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel,tempat pariwisata,pertokoan dll. Sistem pertukaran data elektronis yang memungkinkan pertukaran dokumen antar perusahaan secara elektronis dan data yg terkandung dalam dokumen dapat diproses secara langsung oleh komputer.
Perancangan sistem informasi merupakan pengembangan sistem baru dari sistem lama yang ada, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru. Siklus hidup pengembangan sistem informasi secara konseptual diantaranya perancangan sistem yang merancang input, output, struktur file, program prosedur, perangkat keras, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung sistem informasi. Pembangunan dan testing sistem dengan membangun perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung sistem dan melakukan testing secara akurat, melakukan instalasi dan testing untuk mengoperasikan perangkat lunak. Kemudian adanya implementas sistem yang beralih dari sistem lama ke sistem yang baru dengan melakukan pelatihan dan panduan seperlunya. Lalu yang terakhir, operasi dan sistem, serta evaluasi sistem untuk melakukan perubahan atau menambah fasilitas, dan mengetahui sejauh mana sistem telah dibangun dan sberapa bagus sistem telah dioperasikan. Siklus sistem informasi tersebut terus berlangsung secara berulang-ulang demi mendapatkan sistem informasi yang lebih baik. Dapat disimpulkan sistem informasi tidak hanya sebagai jurusan komputer yang mempelajari tentang komputer saja, tetapi juga kita dapat melihat bagaimana implementasi sistem informasi itu sendiri di beberapa bidang yang dibutuhkan masyarakat modern ini sesuai dengan perkembangan sistem informasi yang ada, sehingga interaksi antara manusia dan komputer tercapai dengan baik.

0 comments:

Post a Comment